Jajanan Khas Malaysia yang Wajib Dicoba saat Liburan
1 min read

Jajanan Khas Malaysia yang Wajib Dicoba saat Liburan

Malaysia tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan kekayaan kuliner yang memikat lidah. Saat liburan ke Malaysia, jangan lewatkan untuk mencicipi berbagai jajanan khas yang menggoda selera. Berikut adalah jajanan khas Malaysia yang wajib di coba selama liburan Anda:

1. Nasi Lemak

Nasi Lemak

Nasi Lemak adalah hidangan khas Malaysia yang sangat populer. Hidangan ini terdiri dari nasi yang di masak dengan santan dan di sajikan dengan ikan bilis, kacang, telur rebus, dan sambal pedas. Rasanya yang lezat dan kaya rempah membuat Nasi Lemak menjadi sarapan favorit di Malaysia.

2. Roti Canai

"</p

Roti Canai adalah roti pipih tipis yang di goreng dan di sajikan dengan kuah kari atau daging kari. Memiliki tekstur yang lembut di bagian dalam dan renyah di bagian luar. Roti Canai biasanya di santap sebagai sarapan atau camilan di Malaysia.

3. Char Kway Teow

Char Kway Teow

Char Kway Teow adalah mie goreng khas Malaysia yang terbuat dari mie tipis yang di goreng dengan berbagai bahan, seperti udang, telur, tauge, dan sosis. Hidangan ini di beri rasa gurih dan pedas, menciptakan kombinasi yang memikat selera.

4. Cendol

Cendol

Cendol adalah minuman segar yang terdiri dari es parut, santan, gula merah cair, dan butiran cendol berwarna hijau. Minuman ini sangat cocok untuk menyegarkan tubuh di tengah cuaca tropis Malaysia yang panas.

5. Satay

Satay

Satay merupakan sate khas Malaysia yang terdiri dari potongan daging (biasanya ayam, daging sapi, atau kambing) yang di tusuk dan di panggang dengan saus kacang. Aroma harum dari bumbu satay dan kelembutan dagingnya membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang.

6. Durian

Durian

Bagi pecinta buah tropis, mencicipi durian Malaysia adalah suatu pengalaman yang tak terlupakan. Durian di kenal sebagai “raja buah” dan memiliki aroma yang kuat. Meskipun memiliki aroma yang kontroversial, rasa daging durian yang kaya dan lembut membuatnya menjadi buah yang sangat di cintai di Malaysia.

7. Apam Balik

Apam Balik

Apam Balik adalah jajanan manis yang terbuat dari adonan tepung beras dan telur yang di panggang hingga berbentuk bulat tipis. Isiannya bervariasi, seringkali berupa kacang tanah cincang, jagung manis, dan pisang. Setelah di isi, adonan di panggang hingga matang dan menjadi renyah di luar namun lembut di dalam.

8. Kuih Lapis

Kuih Lapis

Kuih Lapis adalah kue lapis tradisional Malaysia yang terdiri dari lapisan-lapisan yang berbeda warna dan rasa. Setiap lapisan di buat dengan menggunakan bahan-bahan seperti tepung beras, santan, dan gula, sehingga menghasilkan tekstur yang kenyal dan lembut. Kuih Lapis sering di jadikan hidangan pencuci mulut atau camilan lezat.

9. Murtabak

Murtabak

Murtabak adalah hidangan lezat yang terbuat dari adonan roti tipis yang di isi dengan campuran daging cincang, telur, bawang, dan rempah-rempah. Hidangan ini kemudian di lipat dan di panggang hingga kulitnya menjadi renyah. Murtabak biasanya di sajikan dengan saus kari atau saus asam pedas untuk meningkatkan cita rasa.

10. Kaya Toast

Kaya Toast

Kaya Toast adalah sarapan klasik di Malaysia, terdiri dari roti bakar yang di lumuri dengan lapisan kaya, sejenis selai tradisional yang terbuat dari telur, santan, gula, dan mentega. Hidangan ini sering di sertai dengan telur setengah matang dan kopi khas Malaysia yang kental, yang di kenal sebagai “kopi kopi.”

11. Laksa

Laksa

Laksa adalah sup mie pedas yang terkenal di seluruh Malaysia. Kuahnya yang kaya rempah, di campur dengan santan, memberikan rasa yang lezat dan menggugah selera. Laksa sering di hidangkan dengan mie, daging atau seafood, tauge, dan bahan pelengkap lainnya seperti telur rebus atau irisan bawang merah.

12. Teh Tarik

"</p

Teh Tarik adalah minuman teh khas Malaysia yang unik, di mana teh dan susu di campur secara khusus untuk menghasilkan busa yang kaya dan rasa yang nikmat. Disajikan dengan cara unik, yaitu dengan menuangkan campuran teh dari satu wadah ke wadah lain dengan jarak yang tinggi, menciptakan busa dan meningkatkan cita rasa teh.

Selama liburan Anda di Malaysia, jangan ragu untuk menjelajahi ragam kuliner lokal ini. Dengan mencicipi jajanan khas Malaysia ini, Anda tidak hanya akan merasakan kelezatan cita rasa, tetapi juga merasakan kekayaan budaya kuliner yang menjadi bagian tak terpisahkan dari pesona Malaysia. Selamat menikmati liburan kuliner Anda!